Banyak orang yang mencoba program diet tapi berakhir dengan kegagalan. Umumnya, mereka selalu kalah dari nafsu makan yang sulit dikendalikan. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang sulit mengendalikan nafsu makan, sepertinya mulai sekarang harus mulai memperhatikan kebersihan dapur.

Dilansir dalam Real Simple, sebuah penelitian yang dilakukan Cornell Food and Brand Lab, menyatakan jika menghabiskan waktu di dapur yang berantakan, akan membuat kamu mampu membakar kalori hingga dua kali lipat dari makanan yang dikonsumsi.

Lebih jauh lagi, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environment and Behavior ini menyebut jika 98 peserta wanita yang terlibat dalam penelitian, mengaku jika mereka mampu mengontrol nafsu makan saat berada di dapur yang bersih dan tertata rapi.

Menurut mereka, dapur yang kotor dan berantakan tidak hanya membuat mereka malas bergerak, tapi juga akan membuat mereka merasa tidak terkontrol. Alhasil, mereka pun cenderung makan secara berlebihan sebagai bentuk luapan atas rasa frustasi yang mereka dapatkan.

Baca juga: Hasil Studi: Selera Humor Tinggi Berpengaruh Pada Nafsu Makan

Dalam keterangannya, Lenny Vartanian, PhD, pimpinan penelitian tersebut, menyatakan jika kontrol diri dan ketenangan merupakan kunci terbaik untuk membuat seseorang bisa berfikir secara logis.

Tidak hanya itu, dapur yang bersih pun akan membuat mereka menahan diri untuk menggunakan banyak perlengkapan masakan demi mempertahankan kebersihan dan kerapihan dapur. Hal inilah yang membuat mereka akan memasak seminimal mungkin.

Grup yang menulis perasaan terkontrol, cenderung makan 100 kalori lebih sedikit di dapur yang bersih. Selain itu, membersihkan dapur dan menikmati hasilnya, merupakan salah satu bentuk meditasi yang cukup efektif untuk mengendalikan nafsu makan.

Selain mengontrol nafsu makan, beberapa studi pun menyebut jika membersihkan rumah, termasuk dapur dan area lainnya, merupakan salah satu bentuk olahraga ringan yang efektif untuk menjaga kebugaran tubuh, sekaligus sebagai upaya maksimal untuk mengendalikan bobot tubuh.

Menurut nutrisionis Hala El-Shafie, sejumlah perubahan kecil di dapur, efektif untuk membantu membantu membakar lebih banyak kalori, misalnya dengan menggeser kulkas, menata piring dan hanya menggunakan piring kecil, dan beberapa gerakan fisik lainnya.

Dengan rutin melakukan kegiatan sederhana ini, tidak hanya bobot tubuh yang terkontrol, hati pun menjadi lebih tenang dengan dapur yang bersih. Selamat mencoba!

Sumber :
http://bit.ly/2ni1hmq
http://bit.ly/2nfL6p3
http://bit.ly/2mOUTqT