Dampak sengatan sinar UV memang sangat mengerikan. Selain berisiko menyebabkan melanoma alias kanker kulit, ternyata masih banyak dampak buruk yang ditimbulkan sengatan sinar matahari ini, termasuk bisa merusak kesehatan kulit dan menimbulkan efek terbakar yang sangat menyiksa.

Untuk mengatasinya, sebenarnya ada banyak produk sunscreen yang bisa kamu pilih. Tapi kalau kamu ingin yang alami, beberapa bahan alami ini pun bisa dijadikan sebagai sunscreen alami untuk mencegah dampak buruk sinar UV. Mau tahu apa saja?

Paprika

Sayuran yang berwarna hijau, merah dan kuning terang ini mengandung cukup banyak antioksidan. Uniknya lagi, kandungan antioksidan dalam paprika bisa diubah menjadi vitamin A yang berperan aktif menjaga kesehatan sel-sel kulit dari serangan sinar UV.

Tidak hanya itu, paprika pun efektif untuk menghambat terjadinya kerusakan di bagian lipid atau bagian lemak tipis yang berada sekitar sel-sel kulit.

Tomat matang

Di dalam tomat yang sudah matang, kamu akan menemukan sebuah senyawa yang bernama lycopen. Nah, usut punya usut ternyata pigmen lycopen ini sangat kaya akan antioksidan yang bermainfaat sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, kandungan ajaib ini pun efektif untuk membantu mencegah timbulnya penyakit yang terkait prostat, sebut saja benign prostatic hyperplasia dan lainnya.

Teh hijau

Di dalam teh hijau terkandung polifenol catechins, sebuah zat antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tidak hanya itu, sejumlah penelitian pun membuktikan jika teh hijau sangat baik menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca juga: Teh Hijau Mampu Membakar Kalori Lebih Banyak

Untuk menghindari efek sinar UV, kamu bisa mengonsumsi secangkir teh hijau secara rutin di pagi hari, atau beberapa jam sebelum kamu turun ke pantai.

Sirip ikan

Sirip ikan mengandung banyak asam lemak Omega-3, yang merupakan jenis antioksidan alami pelindung kulit dan jantung. Konsumsilah makanan ini untuk memberikan perlindungan total terhadap kulit.

Tapi ingat, walaupun semua makanan tersebut punya banyak khasiat sebagai suncreen alami, tapi semua itu belum bisa membuat mereka ditempatkan sebagai pengganti suncreen. Tetap, penggunaan suncreen dengan kandungan SPF 30 ke atas merupakan hal yang sangat terpenting dilakukan.

Sumber:
http://bit.ly/2kYIYCB
http://bit.ly/2kiANUo
http://bit.ly/2kBoA9x
http://bit.ly/2kitOe5