Sakit perut merupakan penyakit yang sering kita derita, baik saat salah mengonsumsi makanan yang dilarang, hingga penyebab lainnya. Tapi ingat, ternyata rasa sakit pada perut pun ada banyak jenisnya. Intinya, beda tempat, beda pula jenis sakit perut yang kamu derita.

Ada banyak jenis sakit perut yang harus diwaspadai. Untuk beberapa jenis sakit perut, bisa saja merupakan gejala penyakit tertentu, seperti radang perut, batu empedu, batu ginjal, sembelit, pankreatitis dan lainnya.

Ada juga sakit perut yang ditandai dengan pembengkakan, bahkan terjadi peradangan di lapisan lambung dan usus. Hal ini umumnya disebabkan karena makan atau minum terlalu banyak. Selain itu, bisa juga kondisi ini disebabkan karena virus atau reaksi alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Terkadang sakit perut pun disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau makanan berlemak, sehingga mengiritasi usus, dan menimbulkan sensasi sakit di perut. Kondisi ini umumnya disertai dengan gejala mual, muntah, nyeri ulu hati, bersendawa dan lainnya.

Baca juga: Ilmuwan Amerika Kembangkan Pil Tinja untuk Atasi Diare

Selain itu, masih banyak jenis sakit perut lainnya. Berikut merupakan jenis-jenis sakit perut, lengkap dengan penyebabnya, seperti dilansir dalam Medical Daily.

  • Sakit dibagian perut kanan atas. Bisa jadi merupakan gejala pankreatitis, batu empedu atau ulkus atau tukak lambung.
  • Sakit dibagian perut atas tengah. Bisa jadi gejala tukak atau ulkus lambung, batu empedu, gangguan pencernaan, pankreatitis, hernia epigastrik dan lainnya.
  • Sakit dibagian perut atas kiri. Gejala masalah pencernaan, kolik bilier, tukak atau ulkus duodenum, pankreatitis.
  • Sakit dibagian perut tengah kanan, gejala penyakit batu ginjal, konstipasi, infeksi kandung kemih, lumbar hernia.
  • Sakit dibagian perut tengah dekat pusar, gejala dari pankreatitis, radang usus besar atau kecil, ulkus lambung, hernia umbilikalis.
  • Sakit dibagian perut bawah kanan, gejala usus buntu, radang panggul, konstipasi, nyeri atau radang pangkal paha.
  • Sakit dibagian perut tengah bawah, gejala infeksi kandung kemih, divertikular, usus buntu, radang usus besar, nyeri atau radang panggul.
  • Sakit dibagian perut tengah kiri, gejala radang panggul, nyeri atau radang pangkal paha, atau bisa jadi gejala divertikular.

Ingat, beda gejala beda pula jenis sakit perutnya. Tentu saja pengobatannya pun akan jauh berbeda. Jadi, jangan asal konsumsi obat sakit perut, Ok!

Sumber:
http://bit.ly/2kYKqos
http://bit.ly/2kYLZ5D
http://bit.ly/2laAwSD
http://bit.ly/2kiAp8w