Darah merupakan cairan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan darah yang sehat, oksigen dan nutrisi penting lainnya, bisa disebarkan ke seluruh tubuh dengan sempurna sehingga fungsi tubuh akan lebih maksimal dan daya tahan tubuh akan tetap kuat.

Nggak heran jika seseorang melihat darah keluar dari tubuhnya secara tidak normal, seperti batu atau lewat luka, seseorang akan mendapat reaksi alami berupa stres. Hal ini secara natural disadari sebagai tanda ada yang salah terjadi dalam tubuh kita.

Menurut dr Joe Alton, peneliti sekaligus pakar kesehatan dari American College of Surgeons (ACS), ketika terjadi pendarahan atau hemorrhage, terkadang luka akan bisa sembuh dengan cepat. Tapi di sisi lain, terkadang luka tersebut bisa juga berakhir fatal.

Baca juga: Ini Tanda Kalau Kadar Gula Darahmu Tinggi!

Semua kondisi ini sangat tergantung dari seberapa banyak darah yang hilang selama proses pendarahan tersebut, dan seberapa cepat kamu melakukan aksi penanganannya. Menurut Joe, setidaknya ada 4 kategori pendarahan, dimana semua itu dibedakan menurut kelasnya masing, masing, yakni :

  • Kelas pertama, merupakan pendarahan dimana darah hilang kurang atau sama dengan 15 persen dari total darah yang berada dalam tubuh. Kondisi ini tidak terlalu berbahaya, tapi bisa menyebabkan seseorang pingsan karena shock atau stres.
  • Kelas kedua, merupakan pendarahan dimana darah yang hilang mencapai 15 s/d 30 persen dari total darah yang berada dalam tubuh. Kondisi ini sudah cukup berbahaya, terlebih ketika suhu tubuh sudah menurun drastis karena darah semakin banyak berkurang.
  • Kelas ketiga, merupakan pendarahan yang terjadi dimana darah hilang 30 s/d 40 persen dari total darah yang ada dalam tubuh. Kondisi ini sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan, dimana transfusi darah harus segera dilaksanakan. Kalau tidak, pendarahan bisa masuk ke kelas empat.
  • Kelas empat, merupakan pendarahan yang terjadi dimana darah hilang sebanyak 40 persen atau lebih dari total darah yang ada dalam tubuh. Kondisi ini sudah sangat parah, bahkan beberapa organ sudah mulai menunjukan penurunan fungsi.

Dari kekempat kondisi tersebut, saat kondisi pertama dan kedua, pertolongan harus cepat dilakukan. Sementara jika sudah masuk kelas tiga dan empat, itu artinya kamu sudah masuk dalam kategori parah. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan seseorang koma hingga akhirnya meninggal dunia.

Sumber:
http://bit.ly/2kJW5sI
http://bit.ly/2l6sbQp
http://bit.ly/2lFQtxq
http://bit.ly/2lH04EO