Saat nonton film-film horror, kita akan terbawa dalam suasana mencekam yang dibangun oleh film tersebut. Secara tidak langsung, nuansa mencekam tersebut akan terus terekam dari pikiran kita. Bahkan bukan tidak mungkin kamu pun akan merasa melihat hantu, sesuai dengan imajinasi yang tergambar dalam film.

Apakah itu benar-benar hantu?

Dalam dunia mistis, bisa saja itu memang benar-benar hantu. Tapi dalam dunia medis, hingga saat ini tidak pernah ada pembahasan yang menerangkan hantu benar-benar ada. Alih-alih percaya, dunia medis justru menyarankan kamu untuk segera melakukan pemeriksaan mata saat mendapati kondisi ini.

Dilansir dalam Daily Mail, David Allamby, dokter bedah mata laser dari London’s Focus Clinic, menyebut jika dunia medis tidak pernah menerangkan tentang fenomena hantu. Justru sebaliknya, dalam dunia medis ada sebuah sindroma langka yang bernama sindroma Charles Bonnet.

Lebih lanjut lagi, David menjelaskan jika sindroma Charles Bonnet mampu mempengaruhi siapa saja yang bermasalah dengan penglihatan. Kondisi ini umumnya disebabkan karena degenerasi makular, yang menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan tepi.

Baca juga: Tips Mata Tetap Sehat Walau Sering Menatap Layar Komputer

Secara khusus, sindroma Charles Bonnet sendiri akan membuat kamu bisa melihat halusinasi aneh, termasuk fenomena melihat hantu. Jangan khawatir kok, hal ini cukup wajar mengingat pengidap gangguan ini akan cenderung berasumsi pernah melihat mahluk supernatural.

Makanya, David menyarankan kamu untuk segera mencari dokter atau tenaga medis lainnya saat merasa sering melihat jantung atau mahluk luar angkasa. Bukan malah lari minta bantuan dukun, atau orang pintar.

Sayang, hingga saat ini belum ada obat yang dikembangkan khusus untuk mengatasi sindroma Charles Bonnet ini. Hanya saja, sindrom ini masih bisa diatasi dengan perawatan standar terapi degenerasi makular dan beberapa perawatan masalah mata lainnya.

Tidak hanya itu, dalam kondisi tertentu kamu pun akan merasa melihat pola yang aneh dan fenomena supranatural lainnya. Selain masalah sindroma Charles Bonnet, kondisi ini bisa disebabkan juga karena migren, efek samping obat-obatan, stroke, hingga pengaruh alkohol.

Dengan kata lain, saat merasa ada hal-hal yang aneh terjadi di sekitar kita, mulailah untuk berfikir lebih rasional. Kepercayaan masyarakat mengenai hantu memang sangat kuat dan sulit untuk dihindari, tapi semua itu jangan sampai melemahkan nalar kita.

Sumber:
http://bit.ly/2kYHiZD
http://bit.ly/2kJBpkP
http://bit.ly/2lAffCT
http://bit.ly/2kJzLQ0