Yoghurt merupakan salah satu minuman terbaik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan usus, menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat di usus, dan melancarkan pencernaan. Selain itu, yoghurt pun diklaim sebagai minuman menenangkan yang ampuh ringankan gejala depresi.

Dilansir dalam Independent, sebuah penelitian terbaru dari University of Virginia School of Medicine, baru-baru ini menemukan sebuah fakta jika minuman probiotik, seperti yoghurt, memiliki efek menenangkan dan mampu meringankan gejala depresi.

Dalam keterangannya, Alban Gaultier, ketua tim peneliti dari University of Virginia, Amerika, menyebut jika penelitian ini membantu kita terhindari dari obat-obatan yang cenderung menghasilkan efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam  jurnal Scientific Report ini menyebut jika mengubah pola makan dan memaksimalkan yoghurt dengan kandungan bakteri laktobasillus di dalamnya, efektif membuat suasana hati dan kesehatan kamu semakin membaik.

Baca juga: Pilihan Filter Instagram Ternyata Bisa Deteksi Depresi

Dalam penelitian ini, Alban dan tim menggunakan tikus sebagai bahan percobaan untuk melihat mekanisme spesifik dari bakteri lactobacillus dan sekaligus menghubungkannya dengan kesehatan mental. Hasilnya, tikus yang diinduksi hingga mengalami gejala depresi, akhirnya berhasil pulih secara mengejutkan.

Walaupun penelitian ini menggunakan tikus sebagai bahan percobaan, tapi Alban percaya efek yang sama pun bisa terjadi pada manusia. Sehingga penelitian ini cukup relevan untuk digunakan pada manusia. Lagian, menurut Alban, yoghurt memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa kamu nikmati.

Pilih yang tawar dan nggak dingin

Untuk memaksimalkan khasiat yang dimiliki yoghurt, anda sangat disarankan untuk mengonsumsi yoghurt dalam kondisi nggak dingin dan tawar alias tanpa pemanis dan tambahan rasa lainnya.

Hal dilansir dalam nutrition. about.com, yogurt beku atau dingin punya kalori dan gula lebih tinggi ketimbang yogurt biasa. Bahkan kandungannya mencapai 234 kalori, 3,6 gram lemak, 37 gram gula, 45 gram krabohidrat, dan 6 gram protein dalam setiap sajiannya.

Sedangkan ketika kamu melahap yogurt biasa dalam keadaan suhu normal, kandungannya meliputi 126 kalori, 5.5 gram lemak, 10.3 gram gula, 11 gram karbohidrat dan 8 gram protein. Dengan perhitungan ini, jelas jika kamu lebih disarankan memilih makan yogurt biasa ketimbang dingin. Selamat menikmati!

Sumber:
http://bit.ly/2of4QuH
http://bit.ly/2o59jD7
http://bit.ly/2o537uu