Selama ini, angkat beban kerap diandalkan untuk pembentukan massa otot sekaligus menurunkan berat badan. Walaupun begitu, ternyata masih banyak khasiat lainnya yang diberikan olahraga yang satu ini, salah satunya untuk menurunkan risiko diabetes.

Fakta ini sesuai dengan hasil penelitian terbaru dari University of British Columbia (UBC), yang menyebutkan jika angkat beban efektif untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah, sekaligus efektif untuk menurunkan risiko diabetes.

Dilansir dalam Times of India, Jonathan Little, juru bicara Tim Peneliti, menerangkan jika orang dengan diabetes tipe 2, kebanyakan lebih berisiko terkena penyakit jantung. Tapi kondisi ini akan berubah saat mereka rutin melakukan jenis olahraga angkat beban, dimana pembuluh darah akan bekerja lebih maksimal.

Seperti kita ketahui, fungsi pembuluh darah sendiri merupakan salah satu indikator penting maksimalnya fungsi jantung, sekaligus menurunkan risiko serangan diabetes.

Baca juga: Begini Caranya Mengontrol Porsi Makan Bagi Penderita Diabetes

Dalam penelitian ini, Jonathan dan rekan-rekannya membandingkan efek dari dua jenis latihan, yang pertama angkat beban dan yang kedua latihan kardio. Penelitian ini sendiri dilakukan kepada 35 responden, yang dibagi dalam 3 kelompok, yakni :

  • Kelompok dengan diabetes tipe 2
  • Kelompok yang jarang olahraga
  • Kelompok tanpa diabetes

Setelah menjalani latihan sesuai program yang direncanakan, hasilnya menunjukkan jika semua responden memiliki perbaikan dalam fungsi pembuluh darah. Tapi khusus untuk kelompok melakukan olahraga angkat beban, perbaikan yang mereka miliki meningkat signifikan.

Di sisi lain, Monique Francois, salah satu tim peneliti, menerangkan jika penelitian ini berhasil membuktikan jika latihan angkat beban efektif untuk membantu pasien diabetes tipe 2 aga terhindari dari risiko komplikasi seperti penyakit jantung, dan beberapa komplikasi lainnya.

Untuk menguatkan hasil penelitian, sekaligus mengundang peneliti lainnya untuk melakukan kajian lebih mendalam, mereka pun kemudian menerbitkan hasil penelitian ini dalam jurnal American Journal of Physiology: Heart and Circulatory Physiology.

Selain itu, agar hasil latihan ini lebih maksimal, Francois menyarankan kepada para penderita Diabetes Type 2, atau mereka yang berisiko diabetes untuk menjaga pola makan tetap baik dengan mengurangi konsumsi gula, dan konsumsi makanan sehat lainnya.

Sumber:
http://bit.ly/2krkLmm
http://bit.ly/2kNCibK
http://bit.ly/2kNHOv3
http://bit.ly/2leaIFy