Entah karena alasan pekerjaan yang terlalu padat atau karena capek dengan tugas kantor yang menumpuk, banyak orang yang kemudian meninggalkan kewajibannya berolahraga. Padahal asalkan punya niat, kamu sebenarnya bisa kok berolahraga ringan di kantor.

Nggak percaya? Dilansir dalam News Max Health, berikut merupakan cara olahraga sederhana yang bisa dilakukan di kantor.

Berjalan Kaki di Sela Pekerjaan

Disela jam kerja, agar kesehatan tubuh tetap terjaga, cobalah meluangkan waktu untuk berjalan kaki. Selain baik untuk kesehatan fisik, sesekali jalan kaki dan tidak hanya duduk saja saat bekerja di kantor akan menyegarkan pikiran yang suntuk karena pekerjaan yang menumpuk.

Jalan kakilah saat ingin mengambil minuman dari pantry atau dispenser dan jika memungkinkan, saat ingin memberi info para rekan kerja tidak perlu telepon, datangilah langsung agar kamu punya kesempatan untuk menggerakkan tubuh.

Meregangkan kaki saat duduk

Selama bekerja, kaki kamu sudah tentu diam. Untuk mengakalinya, kamu bisa melakukan peregangan kaki selama beberapa menit disela jam kerja. Nggak perlu lama-lama, cukup 10 menit di pagi hari dan 10 menit lainnya menjelang pulang.

Dengan peregangan sederhana ini, peredaran darah di tubuh akan semakin lancar dan kamu pun terbebas dari stres. Untuk gerakannya, sesuaikan saja dengan posisi kamu duduk.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Kalau Kamu Berhenti Olahraga

Pergi keluar saat makan siang

Menurut penelitian, karyawan yang tempat kerjanya lebih jauh dari kantin, cenderung memiliki bobot tubuh yang lebih rendah ketimbang mereka yang lokasi kerjanya lebih dekat ke kantin.

Untuk itu, usahakan kamu untuk memilih kantin yang lokasinya agak jauh dari tempat bekerja. Kalau nggak ada, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan mengambil jalan memutar menuju kantin. Intinya, bergeraklah sejauh mungkin agar tubuh kamu tidak terlalu kaku.

Menarik napas

Sesekali cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam. Walaupun sederhana, efek dari gerakan ini ternyata mampu memaksimalkan kinerja sistem limfatik dan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, menarik nafas dalam-dalam pun efektif untuk memenuhi tubuh dengan oksigen, yang berimbas kepada maksimalnya kinerja organ otak, dan fokus yang lebih tinggi. Keuntungan lainnya, cara ini bisa bikin kamu terhindar dari stres lho. Nggak percaya? Silahkan praktekan dan nikmati hasilnya!

Sumber:
http://bit.ly/2iBFlBv
http://bit.ly/2j2Ntd5
http://bit.ly/2iNzjNO