Banyak pertimbangan yang harus dilakukan saat berolahraga saat menstruasi, dari mulai pertimbangan faktor mood yang sedang tidak bersahabat, takut tembus dan badan yang lemas. Selain itu, masih banyak faktor lainnya, termasuk ketidaknyamanan dalam bergerak dan alasan lainnya.

Padahal, olahraga itu sangat penting lho! Selain menjaga tubuh tetap bugar, tetap rutin berolahraga saat menstruasi sangat membantu untuk mengembalikan suasana hati, meringankan gejala PMS dan sederet manfaat lainnya.

Selain itu, menurut Dr Stacy Sims, pakar olahraga dari New Zealand, sangat menyarankan jika wanita yang sedang menstruasi tetap melakukan aktivitas olahraga. Dalam periode ini, tingkat hormon oestrogen dan progesteron sangat rendah.

Lebih lanjut lagi, Dr Stacy menyebutkan jika saat siklus menstruasi terjadi, tubuh lebih mudah memakai glikogen sebagai sumber tenaga. Sementara asam lemak dicerna jauh lebih lambat. Inilah keuntungannya, dimana kamu bisa berolahraga dengan intensitas tinggi tanpa merasa kelelahan.

Baca juga: Pilihlah Jenis Olahraga yang Sesuai Kebutuhan Tubuh Kita

Walaupun begitu, kondisi tubuh seseorang ketika dalam masa menstruasi bisa berbeda-beda. Contohnya saja, di awal masa haid, ada beberapa wanita yang akan merasakan sakit di bagian perutnya. Kondisi ini akan membuat mereka sulit melakukan gerakan dengan maksimal.

Terus, olahraga apa yang terbaik bagi yang sedang menstruasi?

Dari sekian banyak olahraga yang harus dipilih, fitness merupakan bentuk olahraga yang bisa kamu lakukan. Alasannya, olahraga ini memiliki intensitas yang cukup tinggi, sehingga proses pembakaran kalori akan jauh lebih maksimal.

Tapi ingat, di awal menstruasi, lakukan olahraga ringan yang tidak membutuhkan gerakan-gerakan ekstrem. Kamu pun bisa memilih latihan kardio ringan, yoga atau angkat beban dengan fokus berlatih tangan dan dada. Setelah itu, tingkatkan intensitas olahraga sedikit demi sedikit ketika kamu sudah merasa nyaman.

Untuk mengganti cairan yang banyak keluar, pastikan kamu menambah asupan cairan, bisa dengan air putih atau buah-buahan dengan kadar air yang tinggi. Pastikan juga kamu memilih pembalut yang anti tembus dan bersayap agar risiko tembus bisa diminimalisir.

Intinya, olahraga saat menstruasi masih sangat penting untuk dilakukan. Jangan sia-siakan waktumu dengan hanya duduk menikmati rasa sakit PMS. Lawan semua ketidaknyamanan ini dengan olahraga!

Sumber :
http://bit.ly/2kJsLDQ
http://bit.ly/1oS0E3y
http://bit.ly/2kKoxaX
http://bit.ly/2kijSAn