Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, ternyata olahraga berkaitan erat dengan penurunan risiko inflamasi kronis, kondisi yang selama ini dipercaya sebagai penyebab kanker. Tapi yang jadi pertanyaan, olahraga apa yang efektif untuk mencegah kanker ini?

Dilansir dalam health.com, sebuah penelitian terbaru menyatakan jika berjalan kaki dengan irama cepat alias brisk walking selama 20 menit per hari, terbukti efektif untuk menurunkan ririko kanker dengan cara memicu respons anti inflamasi alami dari dalam tubuh.

Menurut Suzi Hong, peneliti dari University of California San Diego, menyatakan jika penelitian ini membuktikan olahraga sebagai cara untuk mencegah berbagai penyakit kronis, dari mulai serangan jantung, diabetes hingga menurunkan risiko kanker.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 47 relawan dewasa, dimana mereka diminta untuk berjalan di atas treadmill dengan irama agak cepat. Setelah selesai berolahraga, mereka pun kemudian diteliti dengan cara diambil sampel darahnya.

Baca juga: Tubuh Lebih Langsing Cuma dengan Jalan Kaki

Hasilnya, sampel darah tersebut menunjukan telah terjadi penurunan kadar TNF (tumor necrosis factor) hingga 5 persen. Penurunan ini menunjukan jika sel-sel imun telah berhasil menekan penanda inflamasi, hingga akhirnya memungkinkan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Lebih lanjut lagi, Hong pun menyampaikan pesan jika penelitian ini membuktikan jika olahraga tidak harus dilakukan secara keras. Intinya, dengan olahraga secara rutin, olahraga ringan pun sudah cukup untuk memberikan efek anti inflamasi pada  tubuh.

FYI, selama ini WHO alias World Health Organization, menyarankan kamu untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit tiap minggu, atau sekitar 30 menit per hari. Waktunya pun bisa disesuaikan, bisa langsung selama 30 menit, ataupun dibagi menjadi 15 menit di pagi hari dan sore hari.

Tapi dengan adanya penelitian ini, kamu nggak perlu lagi memaksakan diri untuk berolahraga selama 30 menit. Kalau memang terlalu sibuk, setidaknya sempatkan diri untuk berolahraga, setidaknya 20 menit per hari dengan cara berjalan kaki dengan langkah yang sedikit cepat.

Bagaimana, ternyata untuk hidup sehat itu sangat mudah bukan? So, mulai sekarang jangan malas lagi. Kalau nggak bisa 30 menit per hari, setidaknya berjalanlah selama 20 menit per hari!

Sumber:
http://bit.ly/1LkrTrZ
http://bit.ly/2kESJEN
http://bit.ly/2kNyl6Y
http://bit.ly/2lefDpX