Belakangan, produktivitas pekerjaan tidak hanya bisa dipenuhi oleh office hours saja, tidak sedikit para profesional lebih banyak menghabiskan waktu di dunia kerja dibandingkan bersama keluarga. Life balance para profesional seperti anda, semakin lama semakin tidak berimbang, ini berimbas kepada kesehatan anda. Meskipun sekarang banyak sekali paket olahraga ataupun kesehatan yang ditawarkan di berbagai tempay Gym, bahkan tidak sedikit orang yang berprofesi sebagai personal instracture. Namun di Jepang, ada satu tren yang menjadi pilihan orang-orang untuk bisa menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan mandi hutan.

Mungkin diantara anda ada yang berpikir mandi hutan ini sebagai mandi di hutan, tapi bukan seperti itu, tidak ada hubungannya dengan air atau pun kamar mandi, memang kegiatannya di hutan atau tempat yang rimbun dengan pepohonan. Yak, mandi hutan ini adalah kegiatan yang menghabiskan banyak waktu di hutan atau lokasi yang penuh dengan pepohonan dan udara yang masih sangat segar.

Di negara Jepang, cara sehat yang sangat sederhana ini bahkan sudah dipraktikkan sejak tahun 1980-an untuk menunjang kesehatan fisik dan mental. Dan, menurut para ahli kesehatan di Jepang, mandi hutan memiliki kekuatan penyembuhan yang nyata, seperti kurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara fisik. Kegiatan menghirup udara hutan bahkan dianggap lebih dari sekadar menyegarkan saja, pepohonan di hutan memiliki phytoncides atau minyak esensial dari kayu yang tersebar di udara. Senyawa tersebut berkhasiat sebagai antimikroba dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, bahkan dinilai dapat mencegah kanker, menurut sebuah studi tahun 2007.

Baca juga: Seni Tidur Inemuri, Kebiasaan Unik Pegawai di Jepang

Penelitian lain di 24 hutan diJepang pada tahun 2010, menghasilkan bahwa lingkungan hutan memberikan konsentrasi yang lebih rendah dari hormon stres kortisol, tekanan nadi dan darah yang lebih rendah, aktivitas saraf parasimpatik yang lebih besar, dan aktivitas saraf simpatis yang lebih rendah daripada lingkungan perkota. Kondisi tersebut jelas dapat mempromosikan kesehatan fisik maupun mental. Bahkan mandi hutan diyakini, dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk lebih fokus, bahkan termasuk pada anak-anak dengan ADHD, dapat mempercepat pemulihan dari sakit atau pasca operasi, meningkatkan energi, dan meningkatkan kualitas tidur anda.

The New York Department of Environmental Conservation juga mencatat beberapa studi yang menunjukkan, bahwa kegiatan mandi hutan atau sekadar menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Mandi hutan dapat menjadi cara untuk melepaskan ketegangan dan keseimbangan tubuh Anda. Namun apabila anda tidak bisa berakhir pekan dan menghabiskan waktu ke hutan dalam waktu dekat, cobalah mencari dan mengunjungi taman kota dengan pepohonan rindang. Selamat mencoba dan keep healthy.

Sumber:
http://bit.ly/2iBGHw3
http://huff.to/1kjBx6f
http://bit.ly/2eM9NF7
http://bit.ly/1l9kOCU