Karena tugas yang harus segera diselesaikan, biasanya pihak kantor akan meminta kamu untuk kerja lembur hingga begadang semalaman suntuk. Kalau ada kesempatan libur besok harinya, biasanya kegiatan tidur pun akan dilakukan sebagai pengganti jam tidur malam yang tergerus akibat kerja lembur.

Yang jadi pertanyaan, apakah tidur siang setelah begadang semalam suntuk dibutuhkan?

Mengenai hal ini, dilansir dalam New York Post, Daniel Barone, selaku profesor bidang saraf dari Weill Cornell Medical College, menyebutkan jika kurang tidur selama 6 jam per malam, akan membuat hormon stress meningkat tajam dan daya tahan tubuh akan melemah.

Tidak hanya itu, masih banyak dampak buruk lainnya yang bisa kamu alami saat memutuskan untuk bekerja lembur, dari mulai mood yang buruk, sulit konsentrasi hingga sistem metabolisme yang melambat. Untuk mengatasinya, tidur siang selama 30 menit sangat dibutuhkan.

Menurut sebuah penelitian yang juga diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menyebutkan jika tidur siang setelah semalam begadang sangat dibutuhkan untuk efek kurang tidur, terutama masalah melambatnya sistem metabolisme dan meningkatkan kembali konsentrasi.

Baca juga: Hati-hati Wanita Karir yang Sering Kerja Lembur Rentan Keguguran

Sayang, dalam penelitian ini disebutkan jika efek dari tidur siang ini tidak serta merta mampu mengganti kebutuhan tidur kamu secara keseluruhan. Secara keseluruhan, tidur siang disini dibutuhkan untuk meningkatkan kembali konsentrasi dan meningkatkan sistem metabolisme saja.

Sementara itu, Dr Matt T. Bianchi, selaku kepala Division of Sleep Medicine Massachusetts, Amerika Serikat, menyebutkan jika istilah tidur siang sebagai pengganti waktu tidur malam yang terpotong, bukanlah hal yang tepat.

Pasalnya, selama apapun kamu melakukan tidur siang, hasilnya tidak akan mampu mengganti waktu tidur malam yang hilang. Hanya saja, tidur siang memang sangat dibutuhkan untuk mengatasi beberapa efek yang bersifat sementara, seperti meningkatkan kembali konsentrasi yang hilang karena mengantuk.

Selain itu, tidur siang setelah begadang pun dibutuhkan untuk meningkatkan kembali mood, stamina dan beberapa dampak sementara lainnya. Selain itu, konsumsi makanan dan minuman berkafein pun terkadang dibutuhkan sebagai solusi jangka pendek.

Terus, gimana solusinya?

Seperti disebutkan di atas, tidur siang memang dibutuhkan, tapi tidak akan mampu menggantikan waktu tidur kamu yang sudah hilang. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar kamu tidak harus bekerja lembur untuk menyelesaikannya.

Kalau memang terpaksa, mintalah waktu lembur dibatasi hingga jam 11-12 malam. Setelah itu, kamu harus segera menutup pekerjaan dan pergilah tidur.

Sumber:
http://bit.ly/1xCC1L2
http://bit.ly/2iBD4WY
http://bit.ly/2iBE9xV
http://bit.ly/2iBKglO