Saat cuaca di luar terasa panas, biasanya kebanyakan orang akan berlari menuju ruangan ber-AC untuk sekedar mendinginkan badan sekaligus mencari kenyamanan. Tapi sayang, ruangan ber-AC kerap menimbulkan dampak yang kurang baik untuk kulit sehat.

Menurut Dr Rajan T.D, dokter spesialis kulit, menyebut jika ruangan ber-AC, cenderung memiliki udara yang lebih kering ketimbang ruangan tanpa AC. Hal tersebut karena AC akan menyedot kelembaban udara dan menggantinya dengan udara segar.

Kalau dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan beberapa masalah kulit, seperti masalah kulit kering, rambut yang mudah rusak, hingga menyebabkan masalah penuaan kulit dan berbagai kondisi lainnya.

Selain itu, kondisi udara yang terasa sejuk, akan cenderung membuat seseorang lupa minum. Kondisi ini justru akan membuat kondisi kulit akan cenderung kering, dan menderita dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan pun bisa berbahaya bagi kesehatan.

Terus, gimana dong solusinya?

Menurut Rajan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, memastikan tubuh tidak kekurangan air. Walaupun tidak merasa haus, tapi tubuh tetap membutuhkan cairan untuk menyeimbangkan suhu, sekaligus menjaganya tetap lembab. Alhasil, minum air putih dalam jumlah yang cukup merupakan hal yang wajib!

Baca juga: Fakta di Balik Mitos tentang Dehidrasi yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Selain itu, jangan lupa konsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan dan sayuran hijau yang mengandung banyak cairan dan vitamin. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsi air putih dan vitamin pun akan membuat kulitmu lebih terjaga.

Alternatif lainnya, kamu bisa mengoleskan pelembab kulit yang berbahan dasar air, dan mudah diserap kulit. Biasanya, kulit yang kering ditandai dengan timbulnya kerutan di beberapa tempat. Jangan lupa, cari juga produk pelembab yang sudah diperkaya dengan vitamin E.

Cara lainnya, kamu bisa mengganti AC dengan pendingin ruangan lainnya yang tidak menyerap kelembaban ruangan, seperti kipas angin, atau membuka jendela dan memperbanyak ventilasi agar sirkulasi udara berjalan lebih lancar.

Dengan cara ini, kamu tidak akan selalu bergantung dengan AC saat cuaca panas mulai menyerang. Jangan lupa, oleskan juga sunscreen setiap akan keluar rumah. Khusus untuk iklim tropis seperti Indonesia, minimalnya kamu harus pilih sunscreen dengan kandungan SPF 30. Selamat mencoba!

Sumber:
http://bit.ly/2m17TYv
http://bit.ly/2myTD7q
http://bit.ly/205qGvA
http://bit.ly/2lQEPB7