Walaupun pekerjaan sedang numpuk dan bos terus meminta laporan pekerjaanmu, sebaiknya jangan mengabaikan waktu makan siang, apalagi sampai membawa makan siang ke meja kerja. Pasalnya, ada dampak buruk yang harus kamu hadapi saat terbiasa makan siang di meja kerja.

Dilansir dalam Daily Mail, sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika pekerja yang terbiasa makan siang di meja kerja, akan cenderung lebih memilih menu fast food, makanan dengan kandungan lemak tinggi, dan bahkan cenderung memilih makanan dengan pemanis tinggi.

Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan pekerja yang keluar kantor untuk makan siang, mereka yang terbiasa membawa makan siang ke meja kerja akan lebih mudah merasa lapar, hingga akhirnya tergoda untuk mencicipi camilan tinggi kalori.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, lama kelamaan kamu akan cenderung mengalami obesitas, hingga berisiko mengalami kekurangan nutrisi. Lebih parahnya lagi, kamu pun berisiko mudah mengalami stres, dan sejumlah dampak buruk lainnya, termasuk produktivitas kerja yang terganggu.

Baca Juga: Apakah Harus Tidur Siang Setelah Semalaman Kerja Lembur?

Kerugian lainnya, Ahli gizi Shona Wilkinson menyebutkan jika kamu yang terbiasa makan siang di meja kerja akan cenderung makan dengan cepat tanpa mengunyah hingga lembut. Jelas ini kerugian besar, pasalnya kebiasaan ini akan membuat lambung lebih bekerja ekstra untuk mencerna makanan.

Sementara itu, menurut penelitian yang juga diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika terbiasa makan di depan layar komputer, akan membuat kamu mudah jatuh kepada makanan tinggi kalori dan berisiko menyantap makanan secara berlebihan.

Terus, gimana dong solusinya?

Berusahalah untuk menyempatkan diri makan siang di luar meja kerja. Dengan demikian, kamu pun akan dibawa untuk berjalan kaki menuju kantin atau warung makan terdekat. Secara tidak langsung, kondisi ini akan membuat kamu lebih banyak bergerak dan kalori dalam tubuh pun terbakar dengan sempurna.

Sementara itu, kalau kondisi pekerjaan tidak memungkinkan kamu untuk keluar dari meja, pakar gizi dari The Mayo Clinic menyarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah dengan makanan yang padat nutrisi, seperti makanan dengan kandungan protein tinggi, serat dan makanan sehat lainnya.

Kalau memungkinkan, siapkan juga camilan sehat untuk sekedar menunda lapar, misalnya saja buah alpukat, kismis, kacang-kacangan atau camilan sehat lainnya yang padat nutrisi.

Sumber:
http://bit.ly/2iBQ3I9
http://bit.ly/2hOdegg
http://bit.ly/2hPA9gc
http://bit.ly/2iBIJfj