Agar hasilnya maksimal, tiap pekerjaan harus digeluti dengan sangat serius. Kalau hanya untuk main-main, jangan salahkan orang lain jika hasil yang diberikan pun hanya sebatas main-main saja. Tapi di sisi lain, terlalu serius pada pekerjaan pun ternyata merugikan kesehatan tubuh lho!

Dilansir dalam MensHealth, sebuah penelitian yang dilakukan para pakar dari Ohio University, menyebutkan jika orang-orang yang terlalu serius dan ambisius dalam bekerja, memiliki risiko inflamasi atau peradangan 20 persen lebih besar ketimbang mereka yang bekerja dengan cara efektif.

Sementara di sisi lain, peradangan sendiri merupakan salah satu munculnya berbagai macam penyakit serius, dari mulai masalah gangguan jantung, hingga kanker dan penyakit lainnya.

Menurut Dr Peggy Zoccola, pimpinan penelitian, menyebutkan jika stres karena pekerjaan bisa memicu perubahan dalam tubuh, dari mulai tekanan darah, denyut jantung, kadar kortisol atau hormon stres yang meningkat tajam dan lainnya. Hal inilah yang membuat risiko peradangan meningkat tajam.

Selain pekerjaan yang terlalu didramatisir, Zoccola menyebut jika memikirkan tentang masa lalu yang menyedihkan termasuk dalam kategori penyebab stres. Selain itu, masih banyak hal lainnya yang membuat kamu menjadi stres dan dirundung kebingungan yang mendalam.

Baca juga: Sedang Kerja Sakit Kepala? Singkirkan dengan Tips Tanpa Minum Obat Ini!

Lantas, gimana dong solusinya?

Bekerja dengan tantangan memang menyenangkan, tapi jangan terlalu memporsir pikiran untuk pekerjaan. Pikirkan hal-hal lainnya yang menyenangkan sebagai penyeimbang. Contohnya, kamu bisa bekerja dengan keras agar mendapatkan promosi jabatan.

Tapi jangan terlalu ambisius, bekerjalah dengan efektif dan kerahkan semua kemampuan maksimalmu. Di akhir pekan, jadikan waktu tersebut sebagai waktu untuk bersenang-senang. Selain itu, usahakan untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah.

Intinya, yang harus diselesaikan di kantor, selesaikanlah dengan segera dan maksimal. saat di rumah, bersenang-senanglah dengan keluarga. Dengan begitu, kehadiran keluarga akan terasa sebagai penyeimbang dari tekanan pekerjaan yang kamu rasakan.

Selain itu, Zoccola pun menyarankan kamu untuk selalu tersenyum dan menghadapi semuanya dengan gembira. Ketika muncul pikiran-pikiran yang stressfull, langsung saja pasang senyum dan yakin jika semuanya baik-baik saja. Selamat mencoba!

Sumber :
http://bit.ly/2jJ1H6c
http://bit.ly/2k82nAo
http://bit.ly/2jlvkMj
http://bit.ly/2kJyRUJ