Saat tubuh sudah terasa kegemukan, biasanya orang akan mencoba menurunkan berat badan dengan cara mengubah pola makan dan berolahraga. Tapi sayang, terkadang ada pria yang masih saja tetap gemuk, walaupun sudah rutin berolahraga. Well, kira-kira kenapa ya?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention, menjelaskan jika pria yang kebanyakan duduk, akan memiliki risiko lebih besar mengalami kegemukan, ketimbang mereka yang rutin bergerak dan melakukan aktivitas fisik.

Hasil penelitian ini didapat setelah tim peneliti mengamati sebanyak lebih dari 4400 pria dan 1800 wanita yang berusia 20 s/d 79 tahun. Selain itu, para relawan pun tercatat lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk, baik ketika mereka berada di kantor, atau selama mereka berada di rumah.

Dilansir dalam Washington Post, Carolyn E Barlow, ketua tim peneliti, menyebutkan sekitar 13 persen pria yang setiap harinya menghabiskan waktu untuk duduk, ternyata mengalami kegemukan. Bahkan saat mereka sudah rajin berolahraga sesuai anjuran, 30 menit per hari.

Baca juga: Kelamaan Duduk Penyebab Perut Buncit

Menariknya, olahraga yang dilakukan kebanyakan pria adalah lari dan aktivitas fisik lainnya, seperti angkat beban, berlatih beladiri dan lainnya. sayang, seluruh aktivitas tersebut tidak lantas membuat mereka mampu menurunkan berat badan.

Lebih dari itu, Barlow menjelaskan jika para peneliti pun mengamati jika mereka masih rutin menjalankan program diet sehat, seperti mengonsumsi makanan kaya akan serat, dan makanan lainnya sesuai panduan diet. Dan hasilnya, tetap saja mereka kegemukan.

Alhasil Barlow pun menyimpulkan jika diet sehat dan olahraga rutin, tidak akan efektif untuk menurunkan berat badan, selama mereka masih tetap banyak duduk sepanjang harinya.

Hasil penelitian ini ternyata senada dengan hasil penelitian yang dilakukan University Health Network, Toronto, yang menerangkan jika risiko obesitas tetap mengintai pria yang banyak dudu, walaupun mereka sudah diet dan rutin melakukan olahraga.

Terus gimana dong solusinya?

Barlow menyebutkan jika solusi terbaik adalah tetap menjalankan diet sehat dan rutin berolahraga, tapi dengan tambahan mengubah kebiasaan harian dengan tidak terlalu sering duduk. Untuk para pekerja, standing desk merupakan solusi terbaik.

Kalau tidak menyediakan standing desk, sebaiknya lakukan peregangan dan berjalanlah setiap 1-2 jam sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kegemukan. Selamat mencoba!

Sumber:
http://bit.ly/2ltpaXs
http://bit.ly/RDlfay
http://bit.ly/2m0Xw74
http://bit.ly/2m1e5Qy