Saat kebutuhan hidup terus meningkat, dan penghasilan suami tidak mampu mencukupi gaya hidup modern, banyak wanita yang akhirnya memilih untuk menjadi ibu pekerja, alias ibu yang tetap bekerja sambil mengurus rumah tangga. Apakah itu mungkin dilakukan?

Tentu saja mungkin. Kuncinya, kamu harus mampu membagi waktu mana untuk keluarga, dan mana waktu untuk pekerjaan. Mau tahu caranya? Berikut merupakan tips sukses menjadi ibu bekerja.

Manajemen waktu

Hal pertama harus dilakukan adalah, kamu harus mampu membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Misalnya, kamu tetapkan waktu bekerja hanya dari jam 8-4 sore dengan catatan, Sabtu Minggu jadi hari libur. Gunakan kesempatan ini untuk bersama keluarga!

Selain itu, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal. Dengan cara ini, kamu bisa terbebas dari kewajiban kerja lembur.

Baca juga: Lembur Plus Kurang Tidur Bisa Membuat Tubuh Rentan Terserang Batuk Pilek

Me time

Menjadi ibu pekerja merupakan hal yang sangat sulit. Selain faktor kelelahan fisik, ternyata faktor kelelahan mental pun bisa menjadi penghambat. Bahkan kebanyakan ibu pekerja justru lebih tangguh saat berhadapan dengan kelelahan fisik, tapi lemah saat berhadapan dengan lelah mental.

Untuk membuat kamu tetap tangguh secara fisik dan mental, usahakan untuk menyediakan waktu me time, minimalnya setiap akhir pekan. Ingat, bermain dengan anak-anak pun bisa jadi me time terbaik!

Pandai menentukan prioritas

Mengatur prioritas merupakan hal yang utama. Misalnya, saat berada di kantor, kamu wajib menyelesaikan seluruh pekerjaan tepat waktu. Saat jam kantor selesai, lupakan semuanya dan fokuslah kepada keluarga. Disinilah kehebatan kamu sebagai ibu pekerja akan diuji.

Selain itu, penting untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah. Ingat, kamu sudah mengorbankan waktu untuk keluarga dengan bekerja di kantor, jadi jangan rampas lagi waktu bersama keluarga!

Sediakan quality time

Bukan quantity, tapi quality time lah yang dibutuhkan. Dengan kata lain, walaupun kamu hanya punya waktu 2 hari di akhir pekan, manfaatkan itu untuk total bersama keluarga. Di waktu ini, semuanya harus berkumpul dan bersenang-senang bersama.

Dengan cara ini, kamu nggak perlu kehilangan hangatnya keluarga, walaupun sebagian besar waktu kamu dihabiskan untuk bekerja. Selamat mencoba, dan jadilah ibu bekerja yang bijak!

Sumber :
http://bit.ly/1oWnM9w
http://bit.ly/2m11MDJ
http://bit.ly/2l73Bjq
http://bit.ly/2mFyfwp